INI PERILAKU LEADER PENUNJANG KEBERHASILAN TIM!

Tahukah kamu sebagai seorang leader ada perilaku yang harus diperhatikan?

Apakah perilaku dari leader penting untuk menunjang keberhasilan timnya?

Dan bagaimana perilaku yang tepat untuk diterapkan sebagai seorang leader?

Menurut Journal of Applied Social Psychology selain dari suasana hati pemimpin yang positif mungkin mengarah pada kinerja tim yang lebih baik, cara fungsi proses eksplisit dan implisit dalam memprediksi kinerja tim model teoritis: proses motivasi yaitu komitmen tujuan tim, proses sikap yaitu, kepuasan tim dan proses perilaku yaitu, perilaku membantu tim.

Dengan demikian perilaku seorang leader dapat menentukan dan berpengaruh kepada keberhasilan timnya. Lalu perilaku seperti apa yang harus dimiliki seorang leader?

Dalam YouTube channel Dunia Leadership Coaching Coach Adithia Amidjaya menjelaskan beberapa perilaku sebagai berikut:

1. Mindset atau Sikap Partnership

Maksudnya adalah sebagai atasan atau leader bukan posisi paling tinggi seperti harus dihormati ataupun tunduk. Namun, lebih ke partnership yaitu kesataran antara leader dengan timnya yang bertanggung jawab peran dalam pekerjaan masing-masing dengan optimal.

2. Fokus pada Solusi

Seorang leader harus mampu fokus pada apa yang akan dicapai bukan fokus pada masalah. Karena kalau menerapkannya dengan fokus pada solusi hal ini tidak akan menjadikan karyawan tidak lagi saling salah-salahan dan melempar tanggung jawab.

3. Lebih Banyak Mendengar daripada Berbicara

Dengan banyak mendengarkan, seorang leader jadi lebih tahu apa yang terjadi sebenarnya. Semakin banyak informasi yang didapatkan oleh seorang leader akan lebih bisa mengambil keputusan yang lebih lengkap.

4. Membangkitkan Self Awareness kepada Tim

Hal ini merupakan motivation driver internal yang kuat untuk seseorang bisa perform. Dengan demikian seorang leader harus memiliki self awareness dan harus mampu menimbulkannya juga kepada timnya.

5. Empati kepada Tim

Dengan rasa empati bisa melihat situasi posisi yang dialami timnya dan bisa membantu melihat situasi permasalahan juga. Dengan hal ini, tim akan memiliki rasa trust kepada leader sehingga semakin terbuka dan semangat menjalankan tanggung jawabnya.

Nah jadi ini merupakan beberapa perilaku leader yang akan menentukan keberhasilan timnya. Kamu seorang leader dan memiliki tim? Ingin meningkatkan kinerja tim dan mengembangkan bisnis yang kamu jalani saat ini? Join with our class Strategic Business Coaching Certification!

Yuk klik link berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya: https://youtu.be/pz1jLxu5dEc

Salam performance,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *