Cara menjadi Sales Sukses

Banggalah kita bila kita mengemban pekerjaan sebagai seorang sales. Kenapa kita harus bangga? Karena majunya bisnis suatu usaha itu ditangan seorang sales. Beban menjadi dipundak kita sebagai sales. Tanpa adanya seorang sales, dipastikan bisnis suatu usaha tidak akan berjalan. Keuntungan suatu usaha ada di tangan sales. Jadi jangan anggap remeh pekerjaan seorang sales. Sales sukses impian para sales.

 

Bisa di katakan, gaji para karyawan itu tergantung dari berhasilnya pekerjaan sales. Tanggung jawab sales itu cukup besar. Diperlukan pengetahuan yang cukup dalam melakukan pekerjaannya. Performa mereka sangat diharapkan selalu bagus setiap harinya, walaupun ada masalah yang sedang dihadapi.

sales sukses

Apa sih yang harus dikembangkan bila ingin menjadi sales sukses yang bagus ?

  1. Kembangkan pemahaman akan produk atau jasa.

Sales wajib paham akan produk atau jasa yang dijual atau ditawarkannya kepada calon kliennya. Dengan makin paham akan segala benefit dan fitur dari produk dan jasa yang diakan dijual, maka tingkat closing akan semakin bagus dan besar. Dimana sales mendapatkan semua informasi tersebut? Bisa dapat menghubungi managernya, buku informasi, dan lain sebagainya. Sales harus mampu belajar baik secara mandiri atau melalui orang lain.

  1. Berkomunkasi yang baik.

Sales sukses akan berhadapan langsung dengan para pembeli atau kliennya. Kemampuan berkomunikasi sales diharapkan baik. Sales harus mampu menyampaikan segala informasi baik mengenai produk / jasa secara mendetil tanpa ada kesalahan. Misal cara membeli, pembayaran, pengantaran, cara pakai, dan lain sebagainya. Bila klien complain atau kecewa, sales sebagai ujung tombak harus mampu meredam dan mengatasi masalah tersebut. Kembali kemampuan berkomunikasi harus baik, tingkat sabar tanpa emosi dalam menghadapinya.

  1. Menyusun strategi penjualan.

Sebelum maju menemui calon klien, diharapkan sales sukses mempunyai strategi yang baik. Yaitu bagaimana caranya bisa menjual produk / jasa yang dipunyai ke pasar? Kemana sales akan menjualnya? Kepada siapa akan menjualnya? Dan lain sebagainya. Wajib mempunyai strategi bila mendapatkan penolakan saat presentasi atau menawarkan.

  1. Penampilan yang menarik.

Karena berhubungan dengan klien secara langsung, sales sukses bertatap muka langsung maka mau tidak mau penampilan kita sales mesti bisa menarik di mata mereka. Disini bukan berarti harus cantik dan ganteng ya. Penampilan sales itu bisa berarti dari cara berpakaian yang rapi tidak asal, dandanan wajah yang baik, rambut tidak berantakan misalnya. Terkadang ada sales yang menggunakan kendaraan bermotor dalam melakukan selling. Tidak masalah, sempatkan diri ke kamar mandi sebentar untuk merapikan pakaian, gunakan parfum, dan lain sebagainya.

Bila hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, niscaya tingkat kepercayaan diri kita sebagai sales akan tumbuh. Maka tanggung jawab pekerjaan kita sebagai sales akan terasa ringan. Lakukan semua dengan dimulai dengan senyuman, maka semua akan baik-baik saja.

 

Posted in Artikel, Selling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *