korpora Coaching practitioner certification program

Coaching 101 – Mengambil Keputusan

Selamat Pagi dan Apa kabar?

 

Banyak orang yang menjadi coachee memiliki berbagai tujuan. Salah satu yang paling sering adalah keinginan mereka agar bisa mengambil sebuah keputusan terhadap dua atau lebih pilihan.

 

Mengapa seseorang bingung untuk memilih? Apa yang menyebabkan dia kesulitan untuk mengambil sebuah keputusan?

 

Pada dasarnya, orang tidak bisa memutuskan terhadap beberapa pilihan karena dia tidak punya kriteria yang jelas mengenai hal tersebut. Dia tidak mengacu kepada value atau hal-hal yang penting untuk dirinya. Misal, ketika seseorang bingung apakah dia musti menerima tawaran pekerjaan A atau pekerjaan B, kemungkinan besar karena bingung kriteria atau nilai-nilai yang dia anggap penting dalam sebuah pekerjaan.

 

Jadi, bila coachee Anda sedang bingung memutuskan pilihan, berikut langkah-langkah melakukannya:

 

  1. Kembali ke contoh di atas tentang bingung memilih pekerjaan, tanyakan ke dia, apa saja yang saat ini dia anggap penting dalam konteks pekerjaan;
  2. Setelah dia menyebut beberapa kriteria yang penting tsb, minta dia memprioritaskan mulai dari yang paling penting dst sampai yang paling kurang penting;
  3. Kemudian minta dia mengevaluasi kedua alternarif pekerjaan A dan B, terhadap kriteria penting tsb. Yang manakah yang paling banyak memenuhinya?

 

Bila coachee sudah melakukan proses di atas, dia akan lebih mudah memutuskan pilihan pekerjaan yang mana yang dia akan ambil.

 

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

Posted in Artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *