Coaching 101 – Sudut Pandang Lain

Selamat Pagi dan Apa kabar?

 

Ketika seseorang sedang menghadapi masalah, seolah dia terkunci dengan kondisinya itu. Dia seperti tidak menemukan jalan keluar. Seringkali hal ini bukan karena beratnya masalah, namun tentang bagaimana dia memandang atau mengartikan masalahnya tsb.

 

Ketika dia berhasil mengartikan kondisinya secara berbeda, atau memandangnya dari sudut pandang yang lain, bisa jadi dia menemukan solusinya.

 

Dalam proses coaching, hal ini bisa dilakukan dengan sebuah strategi yang sederhana. Tertarik?

 

Nah, proses ini dinamakan reframing. Di kompetensi inti ICF, kemampuan ini masuk ke kompetensi Direct Communication. Tujuannya adalah agar memfasilitasi coachee melihat dan memahami situasinya dalam sudut pandang yang lain sehingga dia mendapatkan makna baru yang berdampak positif.

 

Caranya bagaimana?

 

Ada dua cara reframing yang paling dasar:

 

  1. *Content Reframing.* Prosesnya adalah dengan melihat suatu keadaan dari sudut pandang yang berbeda. Misalkan “Sepertinya saya tidak jadi mendapatkan project itu. Atasan saya sudah gak percaya lagi dengan saya.” Maka kita bisa reframe pandangannya tersebut dengan men-challenge seperti: “Apa lagi yang Anda bisa artikan dari kejadian itu?” atau “Dalam bentuk apa kejadian itu menjadi hal yang positif untuk diri Anda?”

 

  1. *Context Reframing.” Prozesnya adalah dengan melihat kapan dan/atau dimana lagi keadaan tsb menjadi positif. Contoh “Atasan saya terlalu pelit dalam hal keuamgan.” Maka kita bisa bantu dia dengan pertanyaan: “Di situasi seperti apa perilaku dia bisa bermanfaat?”

 

Apakah kondisinya langsung berubah? Apakah masalah dia langsung selesai? Tidak juga. Paling tidak ketika dia telah mampu melihat situasi atau problemnya dari sudut pandang yang berbeda, dia bisa mengartikannya secara berbeda pula. Hal ini akan mempengaruhi pikiran dan perasaannya secara positif. Bila sudah positif, kemungkinan besar pula akan menemukan berbagai alternatif solusi.

 

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *