Memahami Empat Kemampuan Berpikir

Apakah Anda paham apa itu analytical thinking, strategic thinking, systems thinking dan critical thinking? Apa bedanya ke-4 kemampuan berpikir itu ya?

Saya yakin teman-teman bisa mencari definisi-definisinya dari Google, buku, dan ChatGPT. Saya akan rangkumkan dari beberapa sumber tsb dan bila ada yang mau menambahkan atau merevisi silahkan ajukan saja ya.

Pada dasarnya analytical thinking, strategic thinking, systems thinking dan critical thinking adalah berbagai jenis ketrampilan berpikir yang dapat membantu kita mengevaluasi informasi dan memecahkan masalah.

Definisi yang membedakan satu sama lainnya adalah :

Analytical thinking adalah kemampuan kita berpikir untuk memecah sebuah masalah atau situasi kompleks menjadi komponen-komponen yang lebih kecil dan menganalisanya untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik, dengan berfokus pada penalaran logis, analisa data, dan menggunakan bukti dan fakta untuk membuat kesimpulan.

Strategic thinking adalah kemampuan melihat perspektif yang lebih luas dan jangka panjang untuk mengembangkan rencana dan membuat keputusan. Keterampilan ini menekankan pemahaman tujuan yang menyeluruh, mempertimbangkan berbagai pilihan dan potensi hasil, serta menyelaraskan tindakan dengan tujuan yang diinginkan.

Systems thinking adalah kemampuan untuk mempertimbangkan hubungan dan keterkaitan antara berbagai elemen dalam suatu sistem. Proses ini melihat gambaran yang lebih besar, memahami bahwa perubahan di satu bagian sistem dapat berdampak pada bagian lainnya, serta fokus pada memahami interaksi dan dinamika kompleks dalam suatu sistem untuk menemukan solusi yang menyeluruh.

Critical thinking adalah ketrampilan mengevaluasi informasi, argumen, atau situasi secara objektif untuk membentuk penilaian atau keputusan yang didasarkan pada pemikiran yang baik dengan cara mempertanyakan asumsi, mempertimbangkan sudut pandang yang beragam, dan menerapkan keterampilan logis untuk menilai kekuatan dan kelemahan dari berbagai sudut pandang.

Tentunya keempat kompetensi ini sering kali saling terkait dan saling melengkapi dalam proses pengambilan keputusan, analisa masalah, dan perencanaan strategis. Menerapkan keempat kompetensi ini secara efektif dapat membantu kita menjadi leaders yang lebih baik dan lebih beradaptasi dengan lingkungan yang kompleks dan terus berkembang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *