Memahami Proses dan Meningkatkan Skill Berpikir Kreatif

Yuk kita selami tentang berpikir kreatif lagi!

Berfikir kreatif adalah proses menumbuhkan imajinasi kita agar bisa berpikir out of the box. Kemampuan ini berguna untuk menangani masalah atau tantangan dari sudut pandang baru, sudut alternatif, atau dengan pola pikir yang tidak biasa. Berfikir kreatif membantu kita menciptakan solusi, memecahkan masalah, dan berkomunikasi dengan cara-cara yang segar dan baru.

Menurut Neuroscience, ada tiga area otak yang digunakan untuk berfikir kreatif:

Attentional Control Network membantu kita fokus pada suatu tugas dan mengabaikan gangguan. Imagination Network membantu kita membentuk gambaran mental dan skenario. Attentional Flexibility Network membantu kita beralih antara dua jaringan tadi sesuai kebutuhan. Proses berfikir kreatif yang terjadi di otak kita bisa diringkas sebagai berikut:

  1. Menemukan masalah atau tantangan yang membutuhkan solusi yang baru atau orisinil.
  2. Mengaktifkan attentional control network untuk fokus pada tugas dan mengumpulkan informasi yang relevan.
  3. Mengaktifkan imagination network untuk menghasilkan ide, skenario, atau solusi yang mungkin berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang sudah ada.
  4. Menggunakan Jaringan attentional flexibility network untuk beralih antara dua jaringan lainnya, mengevaluasi ide-ide, dan menyempurnakannya sesuai kebutuhan.
  5. Memilih ide atau solusi terbaik yang memenuhi kriteria masalah atau tantangan tersebut.

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif berarti kita perlu meningkatkan kemampuan attentional control network, imagination network, attentional flexibility network, serta meningkatkan kemampuan kita untuk memilih ide atau solusi terbaik yang memenuhi kriteria masalah atau tantangan.

Caranya?

Kita bisa mencoba beberapa strategi berikut ini : Untuk meningkatkan attentional control network, yang membantu kita fokus pada suatu tugas dan mengabaikan gangguan, kita bisa berlatih goal management training, yang merupakan intervensi metakognitif yang mengajarkan kita cara menetapkan tujuan, merencanakan tindakan, memantau kemajuan, dan menyesuaikan perilaku sesuai situasi. Latihan ini bisa membantu kita meningkatkan kendali dan mengurangi kesalahan dalam tugas-tugas kompleks.

Untuk meningkatkan imagination network, yang membantu kita menghasilkan dan memanipulasi gambaran mental dan skenario, kita bisa berlatih teknik visualisasi, seperti membayangkan diri kita dalam situasi berbeda, menciptakan cerita atau fantasi, atau menggambar atau melukis apa yang kita lihat di pikiran kita. Latihan ini bisa membantu kita merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan.

Untuk meningkatkan attentional flexibility network, yang membantu kita beralih antara berbagai perhatian dan tugas yang berbeda, kita bisa berlatih attention training technique, yang merupakan intervensi metakognitif lainnya yang caranya adalah mendengarkan suara-suara berbeda lalu mengalihkan perhatian kita dari satu suara ke suara yang lain. Latihan ini bisa membantu kita meningkatkan fleksibilitas perhatian dan mengurangi bias perhatian.

Untuk meningkatkan kemampuan kita untuk memilih ide atau solusi terbaik yang memenuhi kriteria sebuah masalah atau tantangan, kita bisa berlatih mindfulness, yaitu keadaan kesadaran dan penerimaan terhadap momen sekarang. Mindfulness bisa membantu kita melepaskan diri dari pikiran dan emosi yang tidak membantu, fokus pada informasi yang relevan, dan mengevaluasi pilihan kita secara lebih objektif.

Kesimpulannya, berfikir kreatif adalah keterampilan yang berharga yang bisa membantu kita memecahkan masalah dan menciptakan kemungkinan baru di berbagai bidang kehidupan. Dengan memahami bagaimana otak kita berfikir secara kreatif, dan dengan menerapkan beberapa strategi yang efektif di atas, kita bisa melatih pikiran kita untuk menjadi lebih kreatif. Berfikir kreatif bukanlah sifat yang kita bawa sejak lahir, tetapi proses yang bisa kita kembangkan dan perbaiki dengan latihan yang konsisten.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *