pelatihan sales | Jualan Bukan Sekedar Janji Temu. Tapi Cara Presentasi Perkenalan Penting! – 1

Ketika di awal karir saya (Coach Antonius Arif) menjadi sales, sering sekali setelah dapat janji temu dan melakukan presentasi pertama untuk perkenalan tentang perusahaan tempat saya bekerja kok orangnya suka cuekin presentasi saya, bahkan mereka lebih sibuk dengan company profile yang saya berikan dan mereka cenderung mengabaikan saya. pelatihan sales

Dan saya juga menemukan banyak sales sales di bidang industri lain juga mengalami problem yang sama. Lalu saya mulai berpikir bagaimana caranya ya apa yang harus diubah cara presentasinya. 

Dan benar, saya pernah belajar (ini waktu belum belajar NLP ya) ada teknik yang harus menunjukkan presentasinya dengan video bahkan pada tahun 1999 presentasinya dibuat dengan multimedia. Iya memang berhasil membuat orang melihat selama meeting. 

Tapi mulai kena jebakan pertanyaan ketika mereka bertanya perusahaan sudah berapa tahun dan sudah mengerjakan project tertentu gak? Nah ini jadi dilema, lah perusahaan baru mana kalau disebut berdiri baru 2-3 tahun diremehkan lah apalagi ketika mau garap project besar. Mereka menganggap kita tidak mampu. Sampai cari cara gimana teknik mengatasi keberatan untuk bisa menjawab itu. 

Tapi begitu saya pindah ke perusahaan lain eh perusahaan saya berikutnya tidak bisa membuat multimedia (lebih tepatnya tidak ada budget) nah ini menjadi dilema. bagaimana bisa membuat janji temu kalau seperti ini kejadiannya. pelatihan sales

Presentasi tentang siapa kita dan berdiri beberapa tahun sering dicuekin. Mereka melihat brosur atau company profile. Ah coba saya pakai trik yaitu brosur ga dibagikan saat awal tapi biar mereka fokus dengan kita. Berhasil sih dia fokus tapi tinggal closing masih rendah bahkan untuk mereka minta proposal aja sepertinya ga minta. Mereka selalu alasan, nanti kami pelajari. 

Wah salah dimana ini ya? Terus selama bertahun tahun saya berkutat perbanyak ketemu perusahaan saja pasti suatu saat ada yang goal. Itu pemikiran saya. Ternyata saya menemukan pada tahun 2017 ada sebuah teknik selling yang dimana cuma mengubah cara dan isi konten presentasinya yang sebelumnya isinya company profile diganti urutan dan isi konten didalamnya eh malah bisa lebih mudah mendapatkan proposal dan tingkat closing lebih tinggi. 

Betul, memang cara membawanya juga penting tapi ada lagi yang penting yaitu melakukan persiapan dan saat membuka presentasinya dan halaman 1-2 nya menjadi penting. Dannnn tingkat closing langsung jadi tinggi. Saya penasaran dong dan terus belajar dan mengolah yang ternyata beberapa kali kami dapat project hingga nilai milyaran. Kok bisa begitu? Bisa, selama tahu caranya, isi slidenya dan teknik disetiap langkah dan persiapannya. 

Nah, dalam beberapa artikel ke depan, saya akan bagikan cara untuk :

  1. Persiapan
  2. Isi slidenya
  3. Bagian setiap slide
  4. Cara menbawakan 
  5. Mengatasi pertanyaan yang sampai membuat closing. 

Jika tertarik mau tahu lebih dalam, komen ya! Atau bisa masuk ke WAG https://chat.whatsapp.com/JIFLlExbk7EJrxJjP07pzk dan bisa share ke teman teman yang lain ⭐

Sales Presentation by Coach Antonius Arif

by Coach Antonius Arif

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *