pelatihan sales | Ini Sales Ngomong Apa Sih? – Bagian 2

pelatihan sales Sekitar 5 tahun yang lalu ada sales telepon dengan menggunakan koneksi internet. Saat itu saya terus terang tertarik dengan produknya karena pasti akan terjadi penghematan banyak saat tim sales saya menelpon. Saat itu saya serahkan kepada manager operasional di tim saya yang menangani sales manager dari perusahaan tersebut. Dan pada umumnya sales ketika mempresentasikan sesuatu selalu dimulai dengan menceritakan siapa perusahaan mereka dan bercerita tentang IT dan teknologi stuff, ya jujur saja Manajer operasional saya yang berlatar belakang akuntansi mabok lah dia. 

 

Karena berbicara dengan bahasa yang berbeda. Ini yang menyebabkan menjadi konsep penghematan yang saya harapkan tidak terjadi karena dirinya dan pasangan saya yang handling keuangan (saat itu) menjadi tidak tertarik setelah mendengar laporan Operasional manager kami. 

Pelatihan sales

Kenapa bisa begitu? Mungkin anda sendiri pun pernah mengalami hal seperti ini juga. Ini penyebabnya :

  1. Mereka tidak berbicara dengan bahasa yang sama yang digunakan dengan operasional dan finance. Pasti tim saya punya KPI sendiri sedangkan sales itu hanya fokus kepada ngepush jualan saja.
  2. Apalagi ketika presentasi di awal sudah buat tidak menarik karena langsung bicara company profile dan segala peralatan dan skema IT yang dipahami oleh mereka dan tidak dipahami oleh tim kami. Ya kalau mereka presentasi ke orang IT pasti mengerti tapi audiencenya kan bukan IT. Ini juga berarti mereka tidak melakukan PR mereka bahwa siapa yang ditemui. Setiap orang punya KPI masing masing.

Jualan itu memerlukan

  1. Persiapan siapa yang ditemui
  2. Isi slide presentasi (jika tidak pakai slide, tahap yang akan dibicarakan sangat diperlukan)
  3. Cara membawakannya juga menjadi sangat penting. 

 

Dan kita akan bahas artikel ke depan, kenapa sih tidak boleh company profile duluan dislide awal? Bagi yang tertarik ingin tahu silahkan join ke WAG https://chat.whatsapp.com/JIFLlExbk7EJrxJjP07pzk atau share artikel ini ke teman teman agar mendapatkan manfaat belajar dengan coach Antonius Arif ✨

 

Ini Sales Ngomong Apa Sih? – Bagian 2

By Coach Antonius Arif 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *