pelatihan sales | MENJADI KARAKTER SALES ASLI ANDA – Bagian 7

pelatihan sales MENJADI KARAKTER SALES ASLI ANDA – Bagian 7

By Coach Antonius Arif

Saya banyak banget menemukan ketika mengajar atau menemani pelatihan Sales saat berjualan, mereka tidak menjadi diri sendiri. Maksudnya bagaimana? Ketika mereka berdua dengan customer mereka bisa bicara dengan santai tapi anehnya begitu maju ke depan malah keliatan hanya formal. Padahal berjualan dengan satu orang atau banyak orang tetaplah sama. Intonasi dan cara bersuara tidak ada perubahan.

Cara yang saya lakukan ketika berbicara didepan umum agar suara saya tidak berubah formal adalah saya menatap mata mereka satu persatu dan seperti berkomunikasi dengan mereka secara personal sehingga ucapan dan kata kata kita menjadi santai.

Cara kedua buat seperti percakapan sehari hari dengan tanya jawab. Jadi konsepnya bukan jualan tapi kita mensharingkan sebuah ide

Cara ketiga adalah jujur. Waktu itu ada yang bertanya ke saya kalau karakter sales pada umumnya adalah menjual timah tapi kita buat seakan akan itu emas. Lalu saya katakan itu sama aja kamu berbohong. Kalau timah ya jual timah dan kenapa timah itu bagus? Kelemahan kita bisa jadi bukan benar benar kelemahan tapi itu kekuatannya.

Contoh: pulau Bali, Sanur itu tenang dan lebih cocok untuk orang orang yang mau santai dan lebih senior. Sedangkan Kuta lebih ke anak muda. Yang seneng rame2. Ubud lebih cocok untuk orang yang mau tenang dan lebih ke mind healing. Jadi kita ga mungkin dong berjualan Ubud kepada anak muda? Mereka ada pasarnya masing masing. Saya suka Sanur karena banyak makanan dan tempatnya tenang. Saya kurang cocok di Kuta.

Jadi daripada berbohong mending menjadi be Genuine dalam Sales Presentation That Sells. pelatihan sales

Bagi yang mau dapat terus artikel yang bermanfaat ini bisa join ke WAG https://chat.whatsapp.com/JIFLlExbk7EJrxJjP07pzk yang diasuh oleh coach Antonius Arif.

Bagi yang sudah mendapat di grup WAG anda, tidak perlu masuk lagi ke WAG lainnya. Dan cukup sharing ke teman temannya yang membutuhkan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *