Coaching 101 – Bedanya Coach dengan Profesi Lain

Salam Semangat!

Salah satu kompetensi inti ICF mengharuskan seorang coach bisa menjelaskan perbedaan coaching dengan metode lain, seperti training, consulting, mentoring, dan counseling. Dia musti memastikan agar calon coachee-nya paham dan sehingga bisa menentukan kebutuhannya dengan lebih baik, apakah perlu coaching atau cara lain.

Ada berbagai cara menjelaskan perbedaan-perbedaan itu. Kita bisa menjabarkannya dalam bentuk deskripsi, atau dengan cara lain yang lebih menarik. Misalnya dengan pendekatan flow chart. Saya seringkali menggunakan metafora. Ini terbukti menarik, FUN, dan membuat calon coachee paham dengan LENGKAP.

Nah, metafora yang saya sering pakai adalah tentang “Anda yang sedang belajar menyupir mobil”. Sebaiknya Anda menemui siapakah? Ternyata tergantunf lho.

Apabila Anda menemui seorang:

  1. Terapis, maka dia akan menggali apa yang terjadi di masa lalu Anda yang menghambat untuk sanggup menyetir mobil;
  2. Konselor, maka dia akan mendengar dan mengeksplorasi kecemasan atau kehawatiran Anda untuk menyetir mobil;
  3. Mentor, maka dia akan membagikan tips dan strategi dari bertahun-tahun pengalamannya dalam menyetir mobil;
  4. Seorang trainer, maka dia akan memberikan pengetahuan dan mengajarkan ketrampilan bagaimana menyupir mobil yang efektif;
  5. Seorang konsultan, maka dia akan memberikan beberapa pilihan tentang cara menyetir mobil, serta mobil seperti apa yang cocok untuk Anda kendarai;
  6. Seorang coach, maka dia akan memfasilitasi proses menemukan jawaban apa pun mengenai menyupir mobil dan kendaraan, yang paling sesuai dengan kondisi Anda saat ini dan di masa depan.

Silahkan temui salah satu dari tenaga profesional di atas, sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda berkaitan dengan menyupir mobil.

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

M. Adithia Amidjaya, PCC

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *