Coaching 101 – Just SPIN It…!

Selamat pagi dan apa kabar?

 

Oke, Anda sudah menemui seseorang yang tertarik dengan coaching, dan Anda sudah menjelaskan definisinya, dan Anda sudah yakin bahwa dia memang cocok untuk mendapatkan program coaching. Selanjutnya gimana?

 

Kali ini saya mau berbagi hal mengenai strategi apa yang musti kita terapkan, agar seseorang tertarik untuk memutuskan untuk mau mengambil program coaching kita.

 

Jadi, strategi apa sajakah yang kita bisa pakai supaya closing..?

 

Baiklah, saya akan share sebuah tahapan praktis untuk melakukannya. Saya mengadopsi strategi ini dari sebuah teknik consultative sellin, dan ternyata cocok juga dipakai di konteks coaching.

 

Namanya adalah SPIN, dan YES, ini adalah singkatan, yang tdd:

 

  1. *Situation.* Ini adalah tahapan pembuka, yaitu menanyakan topik apa yang dia ingin bahas;

 

  1. *Problem.* Lalu lanjut untuk menggali problemnya. Dari situasi yang dia sedang hadapi, apa yang jadi masalah? Apa tantangan terbesar?

 

  1. *Implication.* Nah, di tahap ini kita cari tahu apa dampak-dampaknya bila dia tidak berubah. Apa akibatnya ke dirinya, keluarganya, anaknya, karirnya, dll. Ini adalah pain dia bila tidak berubah; dan

 

  1. *Need Pay-off.* Tahap ini kita mengangkat pleasure apa saja yang dia akan dapatkan bila dia berubah. Apa saja keuntungan yang dia dapatkan. Semakin kuat pleasure-nya, semakin termotivasi dia untuk berubah.

 

Nah, silahkan Anda praktikan, mudah-mudahan akan bisa meningkatkan closing Anda dalam program coaching ^_^

 

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

Posted in Artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *