Coaching 101 – Yang Menentukan Rencana Tindakan

Selamat sore dan Apa kabar?

 

Coaching sebagai alat intervensi pengembangan SDM, merupakan metode yang lengkap. Maksudnya adalah, bukan hanya sampai mendapakan kesadaran baru dan mengetahui solusi yang terbaik untuk dirinya, seorang coachee pun akan difasilitasi agar bisa merancang rencana tindakan (action plan) yang spesifik dan jelas agar solusi yang dia pilih bisa diwujudkan. Bahkan, proses pembelajaran coachee bukan hanya ketika dia mendapatkan kesadaran baru, bahkan saat menyusun rencana tindakan pun merupakan peluang untuk pembelajaran.

 

Kompetensi inti ICF berkaitan dengan hal ini adalah Designing Actions, atau merancang rencana tindakan. Seorang coach musti mampu memfasilitasi coachee-nya untuk menyusun hal ini, yang memperdalam proses pembelajarannya.

 

Jadi, hal-hal apa sajakah yang seorang coach musti lakukan dalam memfasilitasi coachee menyusun rencana tindakan? Utamanya adalah sebagai berikut:

 

  1. Melakukan *brainsorming* dengan coachee untuk menentukan tindakan apa saja agar solusi yang dia pilih bisa terealisasi;
  2. Memprovokasi coachee untuk terus mengeksplorasi *berbagai ide-ide alternatif*, selain dari tindakan atau sudut pandang yang selama ini dia ketahui;
  3. Mendukung coachee untuk berani mengambil tindakan-tindakan yang selama ini *belum terbukti* atau *belum dilakukan*, sebagai bentuk proses pembelajaran; dan
  4. Membantu coachee untuk mempertimbangkan* potensi peluang dan resiko* dari tiap tindakan yang dia rencanakan.

 

Demikian hal-hal yang musti dilakukan seorang coach agar coachee jelas tindakan apa saja yang dia musti lakukan, dan pembelajaran apa yang dia akan dapatkan selama proses mengerjakannya.

 

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

Posted in Artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *