Kinerja Karyawan Meningkat Hanya Dengan Ini!

Kinerja Karyawan Meningkat dengan Pelatihan Tepat!

Memberikan pelatihan yang tepat menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Sebelum memberikan pelatihan yang tepat, kamu sebagai trainer tentunya perlu mengetahui cara pengendalian diri terhadap peserta sehingga pelatihan yang kamu berikan dampaknya bisa terlihat.

Menurut Nitisemito “Pengertian Pelatihan adalah suatu kegiatan dari perusahaan yang bermaksud untuk dapat memperbaiki dan memperkembangkan sikap, tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan dari para karyawan, sesuai dengan keinginan dari perusahaan yang bersangkutan”.

Ini yang harus diperhatikan saat memberikan pelatihan yang tepat untuk meningkatkan kinerja karyawan!

Dalam Channel YouTube Coach Antonius Arif menjelaskan sebelum memberikan pelatihan yang tepat untuk meningkatkan kinerja karyawan, ada beberapa hal yang harus dimiliki yaitu:

  1. Competency Based

Mengecek kompetensi peserta training apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh sebuah perusahaan. Salah satu standar yang bisa digunakan yaitu standar SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) atau materi kompetensi dari sebuah korporate. Selain itu bisa juga dilihat dari job desk peserta training tersebut, kemudian evaluasi apakah sudah sesuai atau belum baru kemudian bisa diberikan pelatihan sesuai dengan Competency Based.

  1. Performance based

Seorang trainer harus bisa menganalisa dengan berbagai metode, salah satunya bisa menggunakan model evaluasi Training Kirkpatrick yaitu mulai dari evaluasi level 1 sampai dengan 4. Cara mengukurnya : punya tim dan menginginkan performancenya mencapai omzet. Sehingga trainer menganalisa dengan dilihat dari KPI yang ingin dicapainya.

  1. Metode Pelatihan

Kebanyakan pelatihan-pelatihan dilapangan hanya menggunakan metode role play. Namun, yang paling tepat adalah dengan menggunakan metode real play. Real play adalah kondisi yang terjadi dan dialami oleh peserta sehingga bisa memberikan pelatihan yang sesuai dengan problem yang dihadapi peserta. Metode pelatihan yang tepat akan berpengaruh langsung kepada proses yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu seorang trainer harus mampu menyusun dan menentukan metode apa yang tepat dalam pelatihannya.

  1. Praktik Real World

Ketika melakukan praktik harus menggunakan kasus yang sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan. Mulai dari respon, sifat, atau bahkan gestur dari anggota tubuh orang yang ditemui dilapangan. Dengan adanya praktik real world ini akan menjadikan peserta untuk latihan dan menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikannya dan belajar dalam menghadapi berbagai respon.

Jadi hal-hal ini merupakan cara dalam meningkatkan kinerja dengan pelatihan yang tepat ya. Yuk perbaiki diri kamu sebagai trainer yang bisa memberikan dampak kepada yang dilatih dan perusahaan. Ingin menjadi trainer? Bisa juga loh bergabung dengan tim kami kalau kamu berkompeten, yuk join di pelatihan “Trainer Competency”. Klik disini untuk tahu info lebih banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *