Persiapan Menjadi Seorang Coach!

Sebenarnya persiapan awal untuk menjadi seorang coach itu apa saja sih?

Sebelum menjadi seorang coach, tentunya kamu perlu melakukan persiapan terlebih dahulu. Nah apa saja persiapan awalnya? simak ini!

ICF (International Coach Federation) organisasi coaching dunia yang didirikan tahun 1995, mendefinisikan coaching sebagai : “Hubungan kemitraan antara coach dan individu yang dijalin melalui proses kreatif untuk memaksimalkan potensi personal dan profesional dirinya.”

Lalu bagaimana seseorang bisa melakukan coaching?

Tentu sebelum menjadi coach profesional harus belajar coaching atau training terlebih dahulu. Selanjutnya, mencari lembaga pelatihan yang sesuai dengan kemampuannya. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil pendidikan atau pelatihan di bidang coaching. Ada banyak program sertifikasi yang tersedia, dan pilihlah yang terakreditasi atau diakui oleh badan pemerintah yang dapat memberikan kredibilitas yang lebih tinggi bagi kamu.

Ingatlah bahwa menjadi seorang coach membutuhkan waktu dan komitmen untuk membangun keterampilan dan reputasi kamu. Dengan persiapan yang baik, kamu dapat memulai karir coaching yang sukses.

Dalam youtube channel Coaching for Business, Coach Adithia menjelaskan ada 5 persiapan yang harus dilaksanakan untuk menjadi seorang coach diantaranya :

  • Training (minimal 60 jam) biasanya dilaksanakan dalam kurun waktu paling cepat selama 3 bulan, namun ada juga yang rentang untuk belajarnya 6 bulan atau sampai dengan 1 tahun
  • Mengumpulkan Coaching Hours minimal (100 jam)
  • Mentoring (10 jam) untuk mempertajam skill yang sudah dipelajari dari training yang sudah dilakukan
  • Mengirim rekaman coaching antara 30 – 60 menit untuk di evaluasi oleh Acesor ICF (International Coach Federation)
  • Mengikuti ujian online untuk diketahui skill dan knowledge nya

Nah jadi untuk menjadi seorang coach ataupun ingin mempelajari skill coaching yang bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari tentunya kamu perlu melakukan persiapan yang sudah disebutkan. Dengan persiapan yang tepat, kamu dapat memulai karir coaching yang sukses dan membantu klien kamu mencapai tujuan mereka.

Yuk klik disini untuk penjelasan lebih lengkap bagaimana cara menjadi seorang coach. Jangan lupa tonton sampai habis ya!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *