4 Cara Melatih Team Untuk Berpikir Kreatif

Bagaimana sih cara melatih tim untuk berpikir kreatif dalam pengendalian diri? 

Sebagai seorang atasan atau Leader, tugas Anda bukan hanya memastikan pekerjaan selesai. Namun juga musti mendidik team Anda agar lebih mandiri dan berpikir kreatif. Salah satunya dengan melakukan pengendalian diri sehingga mampu bertanggung jawab akan kemajuan team.

Mengapa? Karena bila team sudah mampu berpikir kreatif secara mandiri, mereka akan sanggup menyelesaikan problem-problem sehari-hari. Sehingga tidak banyak bergantung dengan Anda.Jika tim  Anda mampu berpikir kreatif maka Anda punya banyak kebebasan waktu untuk memikirkan. Dan melakukan hal-hal yang lebih strategis untuk memajukan perusahaan.

Namun, Jika anda tidak mampu memanage tim anda untuk melakukan pengendalian diri dengan baik, maka tim anda akan tidak akan mampu untuk berfikir kreatif dengan baik. Dan, jika anda mampu untuk memanage tim anda dalam pengendalian diri sehingga mampu mendapatkan ide-ide baru, maka peran Anda sebagai atasan dan leader akan dipandang berhasil oleh perusahaan karena membantu tim berpikir kreatif.

Lalu proses berpikir kreatifnya dengan cara apa? Yaitu dengan teknik dan cara bertanya yang ampuh, yang merupakan salah satu ketrampilan evoking awareness seorang coach kepada kliennya. Pengendalian diri merupakan hal yang penting dalam prosesnya.

Dan apa efeknya ini untuk Anda nosebag leader atau pimpinan? Lama kelamaan waktu Anda untuk mengurusi problem solving sehari hari akan semakin berkurang, sehingga Anda bisa mulai memikirkan hal-hal yang lebih utama sebagai seorang leader selain membuat tim Anda berpikir kreatif.

Coach Adithia Amidjaya menjelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan dalam melakukan berpikir kreatif & pengendalian diri antaranya:

  • Fasilitasi diskusi terbuka dan berikan ruang bagi tim untuk berbicara dan berbagi ide.”
  • Ajak tim untuk berolahraga pikiran dengan berbagai teknik seperti brainstorming dan role-playing.
  • Berikan tantangan dan tugas yang memacu kreativitas dan inovasi tim.
  • Dukung tim dalam mengejar impian dan hasil yang mereka inginkan, dan jangan ragu untuk memberikan feedback constructif.

Dengan melatih tim berpikir kreatif dalam pengendalian diri kamu akan membantu mereka menjadi pemimpin yang inovatif dan membantu perkembangan bisnismu.

Yuk simak video penjelasan berikutnya di link berikut ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *