fbpx

Coaching 101 – Membangun Kesamaan

Salam Semangat!

Fondasi dari semua macam percakapan coaching adalah rasa nyaman dan kepercayaan di antara coach dan coachee-nya. Untuk itu, seorang coach yang efektif musti terampil dalam membamgun kepercayaan dan keakraban kepada coachee-nya. Kemampuan ini merupakan kompetensi inti ICF.

korpora coaching practitioner certification program
Business lecture

Saya pernah membahas satu bagian dari kompetensi ini, yaitu tentang ice breaking menggunakan metode FORD. Sekarang saya ingin membahas mengenai sisi kepercayaannya.

Level kepercayaan yang ditunjukan coachee dipengaruhi kenyamanan yang dia rasakan terhadap coach-nya. Jadi intinya, seorang coach musti membamgun kenyamanan terlebih dahulu. Ini biasanya disebut rapport.

Jadi apa yang membentuk rapport? Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa rapport mudah terjadi ketika ada tingkat “kesamaan” yang tinggi diantara dua orang. Secara bawah sadar, kita merasa lebih nyaman dengan orang yang ada “kesamaan” dengan kita, sehingga kita menjadi lebih santai dan terbuka kepada dia.

Hal-hal apa sajakah yang kita bisa “samakan” sehingga membangun rasa nyaman? Ada beberapa aspek yang bila kita “samakan” dengan coachee maka akan meningkatkan derajat kenyamanan, yaitu:

  • Penampilan fisik/pakaian;
  • Bahasa tubuh/gestur fisik;
  • Kualitas suara;
  • Gaya bahasa/kata-kata yang digunakan, lalu
  • Keyakinan dan nilai diri

Kesemua hal di atas akan meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan coachee kepada kita, sehingga dia akan membuka diri untuk bercerita tentang kondisi dirinya.

Saya akan membahas beberapa aspek di atas di tulisan-tulisan berikutnya.

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

M. Adithia Amidjaya, PCC

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *