fbpx
korpora coaching practitioner certificatio program

Coaching 101 – Perencanaan Strategis Coaching

Selamat Pagi dan Apa kabar?

 

Bagaimana selama ini Anda sebagai seorang Leader mengembangkan team? Apakah dilakukan secara insidentil sesuai kebutuhan, atau secara strategis?

 

Secara insidentil sebetulnya pengembangan yang bersifat korektif. Bila terjadi masalah baru diperbaiki. Strategis maksudnya pengembangan team yang dikaitkan dengan kebutuhan perusahaan, lalu dibuat perencanaan pengembangan jangka panjang, menengah, dan pendeknya. Jadi team dikembangkan secara terencana untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

 

Sebetulnya, jenis pengembangan secara srategis ini juga dicakup di salah satu dari 11 kompetensi ICF. Namanya adalah Planning and Goal Setting. Mengenai Goal Setting pernah saya jelaskan di tulisan sebelumnya. Sekarang saya ingin menjabarkan mengenai perencanaan pengembangan team, khsususnya tentang perencanaan coaching.

 

Coaching yang powerful adalah yang dilakukan secara strategis dan terencana. Tahapan yang biasanya dilalui adalah sebagai berikut:

 

  1. *Sepakati visi bersama.* Gali dari coachee, dia ingin kedepannya menjadi seperti apa? Apakah itu dari sisi peningkatan karir, kepemimpinan, kompetensi, dll. Hal ini juga bisa juga dengan mengkaitkan visi dan strategi perusahaan, lalu ke strategi divisi atau departemen Anda;
  2. *Tetapkan tujuan yang lebih solid.* Gunakan metode SMART Goal, seperti di tulisan saya sebelumnya, “Goal Setting”;
  3. *Susun rencana-rencana untuk mencapai goal tsb.* Pastikan juga rencana-rencana ini memiliki indikator keberhasilannya.
  4. *Susun program coaching.* Ini musti dibuat secara jelas dan detil dalam rangka pencapaian rencana-rencana tsb.

 

Dengan melakukan proses-proses di atas, program coaching Anda menjadi sangat berdampak terhadap karyawan dan perusahaan. Pada akhirnya Anda sebagai Leader akan merasakan manfaatnya.

 

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *