Coaching 101 – Sikap Seorang Coach

Salam Semangat!

korpora coaching certification program
Sikap Seorang Coach

Apakah Anda seorang Leader yang tertarik untuk mempelajari dan menerapkan coaching untuk mengembangkan karyawan? Mungkin Anda ingin tahu, apakah Anda cocok dengan sikap yang semestinya dimiliki oleh seorang Coach.

Atau, apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk meng-hire seorang Coach untuk perusahaan atau pribadi? Mungkin Anda juga perlu tahu, sikap seorang Coach yang ideal itu seperti apa.

Nah, International Coach Federation, sebagai federasi coach terbesar di dunia, juga menstandarkan sikap dan perilaku seorang Coach yang profesional. Ini dituangkan ke dalam Kode Etik ICF. Tentunya saya tidak akan menuliskan kode etik tersebut satu per satu karena akan sangat banyak.

Saya akan tulis dalam bentuk kalimat yang simpel dan hanya yang berkaitan dengan interaksi langsung dengan coachee:

  1. Jujur dan terbuka. Ini termasuk menjelaskan apa itu coaching, kualifikasinya, pengalamannya, saat memberikan feedback, dll;
  2. Memperlakukan coachee merasa didengarkan, dipahami, dan dihargai. Sehingga coachee menjadi percaya dan nyaman;
  3. Positif dan semangat saat sesi coaching. Hal ini akan menular kepada coachee untuk positif dan semangat terhadap goalnya;
  4. Menghargai dan mengacu pada agenda coachee. Tidak berasumsi, tidak memaksakan apa yang menurut coach penting;
  5. Memberikan contoh. Datang tepat waktu, melaksanakan komitmen, dst;
  6. Obyektif dan tidak memihak. Tanpa prejudice, menilai, atau menghakimi;
  7. Menjaga coachee akuntabel. Memastikan agar coachee untuk selalu bertanggung jawab pada pikiran, perasaan, perbuatan, dan hasil-hasilnya.

Masih banyak sikap seorang Coach yang disyaratkan oleh ICF, mungkin beberapa yang lain sudah saya masukan dalam tulisan-tulisan sebelumnya. Saya akan tambahkan lagi nanti.

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *