Coaching 101 – Mengambil Keputusan 2 (menentukan pilihan)

 

menentukan pilihanSelamat pagi dan apa kabar!

Apakah Anda pernah merasa bingung dalam menentukan pilihan? Walaupun sudah ada kriterianya, Anda tetap saja tidak bisa memilih? Kebingungan yang amat sangat dan merasa stuck tidak mampu melakukan pilihan satu pun dari pilihan-pilihan yang ada. kita tahu bahwa melakukan pilihan itu penting tapi karena satu hal, itu menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan.

 

Kemungkinan besar ada 2 atau lebih kriteria yang konflik, Anda tidak tahu yang mana yang musti diprioritaskan. sepertinya ada masalah yang amat sulit sekali sehingga, tidak mudah untuk melakukan pilihan tersebut. berada ditengah-tengah tidak tahu harus memilih yang mana. bisa saja dia merasakan ke dua pilihan itu sama pentingnya.

 

Misal kasusnya adalah seorang coachee bingung menentukan pilihan untuk memutuskan apakah memilih pekerjaan A atau B. Ternyata kebingungan dia karena ada dua kriteria yang dia anggap sama pentingnya, yaitu penghasilan dan waktu kerja. Pekerjaan A menawarkan penghasilan yang lebih besar namun membutuhkan waktu kerja yang juga lebih banyak. Pekerjaan B menawarkan penghasilan yang lebih kecil namun waktu kerjanya fleksibel.

 

Lalu bagaimana solusinya?

 

Prosesnya adalah mirip dengan tulisan sebelumnya yang berjudul “Konflik Batin”, yaitu sbb:

 

  1. Gali niat tertinggi dia untuk masing-masing kriterianya, yaitu niat tertinggi terhadap penghasilan, dan niat tertinggi terhadap waktu kerja. Niat tertinggi adalah dalam bentuk value, yaitu apa yang dia anggap paling penting;
  2. Bila kedua niat tertinggi sudah didapat, tunjukkan ke dia keduanya dan minta dia untuk mempertimbangkan mana yang lebih penting dalam hidupnya;
  3. Bila dia sudah memutuskan, kemhalikan lagj kepada kedua pilihan pekerjaan A dan B, yang mana pilihan dia?

 

Bila coachee sudah melakukan proses di atas, dia akan lebih mudah memutuskan pilihan pekerjaan yang mana yang dia akan ambil. tugas kita sebagai coach adalah mempermudah pilihan sang coachee. sehingga tidak kehilangan arah lagi.

 

Belajar Coaching Skill 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

 

M. Adithia Amidjaya, PCC

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *