Molly’s Game – Negotiation in practice

Molly’s Game – Negotiation in practice
By : Antonius Arif

Beberapa waktu yang lalu saya menonton film Molly’s game dimana dalam film tersebut banyak sekali teknik – teknik negosiasi yang digunakan. Bahkan dari awal film sudah disuguhkan tentang kepiawaian negosiasi yang sangat keren sekali. Sebenarnya film itu mengisahkan seseorang yang namanya Molly yang dulunya adalah atlit ice skiing tetapi karena mengalami kecelakaan yang mengakibatkan dirinya pensiun didunia ice skiing. Dan akhirnya dirinya menjadi waitres minuman disebuah bar dan bertemu dengan seseorang yang bernama Dean. Dan Dean inilah yang minta tolong diatur untuk menelpon atau mengkontak orang- orang kaya dan terkenal untuk bermain poker. Molly selama
bekerja pagi-sore dengan Dean dan malam menjadi arranger untuk poker, dia selama ini selalu menerima tips dari para tamu. Dan dengan tips itu akhirnya hidupnya menjadi semakin layak. Suatu ketika, Dean mengalami stuck dalam bisnisnya sehingga dia melakukan negosiasi dengan Molly.

BATNA (Best Alternative to Negotiate Agreement)

Negosiasinya adalah Molly tidak digaji selama bekerja dari pagi sampai sore (450 dollar perminggu) dan hanya diijinkan bekerja malam saja (poker) dan dapat tips. Bila tidak mau maka Molly akan dipecat. Dalam ilmu negosiasi Dean mempunyai bargaining position yang kuat yang dalam dunia negosiasi disebut BATNA (Best Alternative to Negotiate Agreement) dan Molly disini posisinya lemah karena Molly tidak mempunyai BATNA dan posisinya terjepit. Dan Molly pasrah dimalam itu. Apakah dia terus pasrah? Tidak, Molly malamnya merencanakan persiapan atau membuat alternatif bila sampai dipecat maka dia sudah punya alternatif lain (BATNA). Maka dia mengumpulkan orang-orang untuk dibuatkan lokasi POKER yang berbeda. Dan itulah yang terjadi. Inilah yang disebut BATNA.

Apa yang terjadi ?

Begitu juga ketika dalam film tersebut ada seseorang yang bermain poker yang namanya Bad Brad dan selama ini Bad Brad selalu kalah dan dia punya uang banyak dan bermain poker dengan salah seorang yang saya lupa namanya. Dan beliau selama ini selalu menang. Tidak tahu bagaimana saat Bad Brad dengan begitu nyalinya menambah uang taruhannya dan orang yang selama ini menang seperti terpancing dan agak takut dengan permainan Bad Brad, seakan-akan Bad Brad bakal menang. Apa yang terjadi ? Akhirnya salah seorang yang selama ini menang menjadi mundur dan tidak ikut permainan dan terkena Framing yang dilakukan oleh Bad Brad. Yes, akhirnya Bad Brad berhasil memframing orang tersebut dan emosilah permainan orang tersebut sampai kalah puluhan juga dollar.

Dalam negosiasi sangat diperlukan Frame makanya salah satu kemampuan yang pernah anda dengar dengan istilah Poker Face. Dimana Poker face adalah sebuah kemampuan mimik mula yang tidak bisa dibaca oleh lawan. Keren ya negosiasi ini. Yes dan masih banyak teknik negosiasi yang dimainkan dalam film Molly Game ini. Dan tahukah anda bahwa negosiasi bisa loh diterapkan dalam training Sales. Yes, training sales perlu sekali kemampuan dalam bernegosiasi agar hasil penjualan lebih baik. Dalam penjualan bisa dikatakan menciptakan nilai sedangkan negosiasi adalah mempertahankan nilai.
Bagaimana dengan anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *