Perbedaan Training dan Coaching

Perbedaan Training dan Coaching

 

Masih banyak perusahaan yang lebih memilih pelatihan sebagai satu-satunya cara untuk mengembangkan karyawan mereka. Padahal ada banyak opsi lain yang bisa dilakukan dalam pengembangan karyawan.

Berikut beberapa alasan mengapa hal ini terjadi:

Pengetahuan yang terbatas. Beberapa perusahaan mungkin belum sepenuhnya mengerti perbedaan antara pelatihan dan coaching, serta manfaat yang berbeda dari kedua pendekatan tersebut. Mereka biasanya lebih familiar dengan pelatihan dan berpikir bahwa hanya dengan cara itulah yang akan memberikan hasil yang diinginkan.

Harapan hasil yang cepat. Pelatihan sering dianggap sebagai cara yang cepat untuk mengembangkan keterampilan karyawan. Dalam waktu yang relatif singkat, pelatihan bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan secara langsung. Sementara itu, coaching memerlukan waktu yang lebih lama dan berfokus pada pengembangan jangka panjang.

Skala dan efisiensi. Pelatihan bisa dilakukan dalam kelompok atau secara massal, sehingga perusahaan dapat mengembangkan banyak karyawan sekaligus dengan biaya yang lebih rendah. Di sisi lain, coaching lebih fokus pada pendekatan individual atau kelompok kecil, yang mungkin membutuhkan lebih banyak sumber daya dan waktu.

Budaya perusahaan. Beberapa perusahaan memiliki budaya yang lebih mengedepankan pelatihan daripada coaching. Mereka mungkin telah terbiasa dengan pelatihan dan memiliki proses yang sudah terstruktur dengan baik. Sebagian malah sudah membangun dan memiliki divisi pendidikan dan pelatihan tersendiri seperti training center atau corporate university.

Mengubah pendekatan ke coaching bisa memerlukan perubahan budaya yang lebih besar.

Meskipun pelatihan memiliki manfaatnya sendiri, penting bagi perusahaan untuk menyadari bahwa coaching dapat memberikan dampak yang dalam untuk mengembangkan karyawannya. Coaching menawarkan pendekatan yang personal dan fokus pada pertumbuhan individu, sehingga karyawan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara langsung dalam pekerjaan mereka. Coaching juga membantu mengatasi hambatan dan mempercepat perubahan perilaku.

Seiring dengan pemahaman yang semakin baik tentang manfaat coaching dalam pengembangan karyawan, perusahaan cenderung beralih ke pendekatan coaching yang lebih holistik dan fokus pada pertumbuhan individu.

Dengan bantuan seorang coach yang terlatih, karyawan dapat mencapai potensi mereka yang sebenarnya dan memberikan dampak yang signifikan dalam organisasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *