Coaching 101 – Questions Continuum

Selamat pagi dan apa kabar?

 

Di Kompetensi Inti ICF, salah satu kemampuan yang musti dikuasai seorang Coach adalah Powerful Questioning. Faktor utama adalah proses bertanya yang powerful, yaitu yang menciptakan AHA moment atau kesadaran baru. Selain itu, memilih kata tanya dan bentuk pertanyaan yang tepat juga sangat menentukan efektifnya coaching.

 

Mengetahui berbagai jenis dan model pertanyaan itu penting dan bagus untuk seorang coach. Dengan proses yang benar sehingga memberikan dampak yang powerful untuk diri coachee.

 

Sekarang saya memperkenalkan yang namanya *Questions Continumm*. Intinya adalah sederetan kata tanya/bentuk pertanyaan mulai dari yang sangat tidak powerful hingga yang paling powerful.

 

Silahkan lihat gambar di bawah ini:

 

Bila kita perhatikan, ujung yang paling kiri adalah bentuk closed questions, atau bentuk pertanyaan yang hanya memberikan jawaban YA atau TIDAK. Ini adalah bentuk yang dianggap sangat tidak powerful. Bukannya tidak boleh digunakan sama sekali. Tetap bisa, biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi setelah melakukan probing.

 

Ujung yang paling kanan adalah pola pertanyaan “What if”, dan dianggap paling powerful. Seperti yang telah kita bahas di tulisan-tulisan sebelumnya, jenis pertanyaan ini memicu proses berpikir kreatif coachee hingga dia menemukan kesadaran baru.

 

Yang menarik adalah pertanyaan “WHY” karena ada tanda bintang. Kita musti hati-hati menggunakan jenis pertanyaan ini. Bila keliru, malah akan membuat coachee defensif atau akan menjawab sesuai dengan yang dia pikir kita ingin dengar saja. Misal, apa biasanya jawaban dari pertanyaan “mengapa terlambat tiba di kantor?”

 

Bentuk WHY yang powerful adalah untuk menggali values di balik pernyataan coachee. Misal, “Mengapa mendapatkan promosi manager ini begitu penting buat Anda?”

 

Baiklah, mudah-mudahan dengan penjelasan di atas kita akan lebih efektif lagi untuk menyusun pertanyaan yang paling ampuh memberdayakan coachee. Silahkan berlatih.

 

Belajar Program Sertifikasi Coaching ACSTH 66 Jam secara LENGKAP dan FUN akan memberikan hasil perbaikan di kehidupan pribadi dan profesional kita.

Posted in Artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *